Jumat, 03 Desember 2010

PENGERTIAN AKUNTANSI

PENGERTIAN AKUNTANSI

            Beberapa orang mengakui bahwa akuntansi adalah bahasa bisnis (the language of business). Akan tetapi, apakah sebenarnya akuntansi itu?
            Akuntansi (accounting) sendiri merupakan proses identifikasi, pencatatan, & komunikasi terhadap transaksi ekonomi dari suatu entitas. Ada sedikit perbedaan antara akuntansi dengan pembukuan. Pembukuan sebenarnya merupakan bagian dari akuntansi, yaitu proses pencatatannya saja, sedangkan akuntansi cakupannya lebih luas daripada pembukuan. Secara umum, akuntansi mencakup 3 proses, yaitu sebagai berikut :

1) Proses identifikasi (identifying)
            Dalam proses ini, akan dilakukan identifikasi terhadap transaksi yang terjadi dalam suatu entitas. Dari proses ini akan dapat diklasifikasi apakah suatu transaksi merupakan transaksi ekonomi/keuangan atau nonekonomi.

2) Proses pencatatan (recording)
            Dalam proses ini, semua transaksi ekonomi yang telah diidentifikasi pada tahap pertama, akan dicatat secara kronologis & sistematis dengan ukuran nilai keuangan tertentu.

3) Proses komunikasi (communicating)
            Dalam proses ini, akan dilakukan pelaporan & distribusi terhadap informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan kepada para pemakai laporan keuangan. Dalam hal ini pemakai laporan keuangan terdiri dari :
a. Pemakai di dalam perusahaan, contohnya : manajer, karyawan, dan lain sebagainya.
b. Pemakai di luar perusahaan, contohnya : kreditur, investor, dan lain sebagainya.


Tidak ada komentar: