Kamis, 06 Januari 2011

PERAN AKUNTANSI DALAM PERUSAHAAN

PERAN AKUNTANSI DALAM PERUSAHAAN

          Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu entitas kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Yang dimaksud dengan entitas adalah badan usaha / perusahaan / organisasi yang mempunyai kekayaan sendiri.
          Informasi ekonomi yang dihasilkan dalam akuntansi berguna bagi pihak-pihak di dalam organisasi itu sendiri (internal) maupun pihak-pihak di luar organisasi (eksternal). Pihak manajemen merupakan contoh pemakai informasi dari kalangan internal. Informasi akuntansi ini oleh manajemen dimanfaatkan untuk perencanaan, pengendalian & evaluasi aktivitas usaha yang dilaksanakan.
          Akuntansi merupakan alat untuk menghasilkan informasi yang berupa laporan keuangan. Laporan keuangan ini berguna untuk hal berikut, yaitu :
1. Informasi akuntansi sebagai alat komunikasi antara manajemen dengan pemegang saham (shareholders) atau dengan pemangku kepentingan (stakeholders).
2. Informasi akuntansi sebagai alat pertanggungjawaban para pengelola sebagai agen yang ditunjuk oleh pemilik perusahaan, atas usaha-usahanya / tindakannya dalam suatu periode tertentu.
3. Informasi akuntansi sebagai data untuk melakukan perencanaan.
4. Informasi akuntansi mencerminkan kinerja usaha suatu organisasi dalam suatu periode tertentu.
5. Informasi akuntansi mencerminkan posisi keuangan suatu organisasi.
6. Informasi akuntansi merupakan dasar atau referensi untuk pengambilan berbagai keputusan keuangan & non keuangan.


Tidak ada komentar: