Kamis, 06 Januari 2011

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEGAGALAN USAHA

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEGAGALAN USAHA

          Secara umum, faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan terhadap hasil yang dicapai, sekalipun telah dilakukan studi kelayakan bisnis secara benar & sempurna adalah sebagai berikut, yaitu :
1. Data & informasi tidak lengkap
Pada saat melakukan penelitian data informasi yang disajikan kurang lengkap, sehingga hal-hal yang seharusnya menjadi penilaiannya tidak ada. Kemudian, dapat pula data yang disediakan tidak dapat dipercaya atau palsu. Karena itu, sebelum melakukan studi sebaiknya kumpulkan data & informasi selengkap mungkin, melalui berbagai sumber yang ada yang tentunya dapat dipertanggungjawabkan kebenaran datanya.
2. Tidak teliti
Kegagalan dapat pula disebabkan oleh orang yang melakukan studi kurang teliti dalam meneliti dokumen-dokumen yang ada. Oleh karena itu, dalam hal ini tim studi kelayakan bisnis perlu melatih atau mencari tenaga yang benar-benar ahli di bidangnya, sehingga faktor ketelitian ini menjadi jaminan. Kecerobohan sekecil apapun akan sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian.
3. Salah perhitungan
Kesalahan dapat pula diakibatkan oleh orang yang melakukan studi salah dalam melakukan perhitungan. Misalnya, dalam hal penggunaan rumus atau cara menghitung, sehingga hasil yang dikeluarkan tidak akurat. Dalam hal ini juga perlu disikapi untuk menyediakan tenaga ahli yang andal di bidangnya.
4. Pelaksanaan pekerjaaan salah
Para pelaksana bisnis sangat memegang peranana penting dalam keberhasilan menjalankan bisnis tersebut. Apabila para pelaksana di lapangan tidak mengerjakan proyek secara benar atau tidak sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan, maka kemungkinan bisnis tersebut gagal sangat besar.
5. Kondisi lingkungan
Kegagalan lainnya adalah adanya unsur-unsur yang terjadi yang memang tidak dapat dikendalikan. Artinya, pada saat melakukan penelitian & pengukuran semuanya sudah selesai dengan tepat & benar, namun dalam perjalanan akibat terjadinya perubahan lingkungan pada akhirnya berimbas kepada hasil penelitian dalam studi kelayakan bisnis. Perubahan lingkungan seperti perubahan ekonomi, politik, hukum, sosial, & perubahan perilaku masyarakat, atau karena bencana alam.
6. Unsur sengaja
Kesalahan yang sangat fatal adalah adanya faktor kesengajaan untuk berbuat kesalahan. Artinya, peneliti sengaja membuat kesalahan yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dengan berbagai sebab. Atau para pelaksanaan di lapangan juga melakukan perbuatan yang tercela, sehingga menyebabkan gagalnya suatu proyek atau usaha.

          Oleh karena itu, sebelum melakukan studi kelayakan bisnis, hal-hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. Kelengkapan & keakuratan data & informasi yang diperoleh.
2. Tenaga ahli yang dimiliki dalam tim studi kelayakan bisnis benar-benar tangguh.
3. Penentuan metode & alat ukur yang tepat.
4. Loyalitas tim studi kelayakan bisnis.

          Apabila kita telah melakukan studi secar benar, paling tidak setiap resiko dapat diminimalkan & tujuan yang diinginkan dapat dicapai. Akhirnya usaha yang dijalankan dapat memberikan berbagai keuntungan atau manfaat, baik untuk perusahaan, pemerintah, maupun masyarakat luas. 



Tidak ada komentar: