Jumat, 11 Oktober 2013

Tugas 1 Mata Kuliah Etika Profesi Akuntansi

Tugas 1 Laporan Pelanggaran Etika 
Mata Kuliah Etika Profesi Akuntansi
Nama : Nurlita
NPM  : 25210182
Kelas  : 4EB17

Contoh laporan pelanggaran etika selama 5 hari (Minggu-Kamis) 
Minggu, 6 Oktober 2013 
Pelanggaran etika dalam memarkir kendaraan. Hari minggu seperti biasanya saya beribadah ke gereja. Saya lihat ada beberapa pengemudi mobil yang memarkir mobilnya sembarangan, hingga mengganggu parkiran motor. Parkiran motor menjadi terhalang karena beberapa mobil diparkir sembarangan. Sampai akhirnya juru parkirnya kewalahan dengan sikap pengemudi mobil yang seenaknya. Dan beberapa pengendara sepeda motor menggerutu karena ulah beberapa pengemudi mobil. Menurut saya, hal ini harusnya menjadi pelajaran bagi kita semua untuk sadar dalam menjaga kenyamanan bersama terutama dalam memarkir kendaraan dimanapun kita berada, haruslah tertib. 

Senin, 7 Oktober 2013 
Pelanggaran etika dalam berlalulintas. Di jalan depan Pasar Tambun saya melihat cukup banyak supir angkutan umum yang berkendara seenaknya. Berhenti sembarangan untuk menarik penumpang maupun menurunkan penumpang, tanpa melihat kondisi jalan yang menjadi macet karena ulah mereka. Kondisi yang seperti ini tidak hanya sekali atau dua kali saja, tetapi hampir setiap hari terjadi. Padahal kadang-kadang ada polisi di lokasi itu, tetapi kurang tegas menindak supir-supir angkutan umum yang berkendara seenaknya. Menurut saya, hal itu sangatlah tidak patut ditiru walau dengan alasan apapun, aturan berlalulintas dan ketertiban bersama harus dipatuhi, buka seenaknya mengendarai kendaraan seperti supir-supir angkutan umum tersebut. 

Selasa, 8 Oktober 2013 
Pelanggaran etika dalam bermasyarakat. Sekitar jam setengah 12 malam, ada seorang pengendara motor memanggil-manggil dari luar rumah dengan berteriak dan membunyikan klakson motornya. Orang tersebut ingin membeli bensin di warung saya. Sedangkan jalan sudah sangat sepi, tetangga rumah dan keluarga saya sudah tertidur semua, hanya saya yang belum tidur. Tetapi karena saya tidak suka dengan tingkahnya, tidak saya layani orang itu. Menurut saya, sikap yang seperti ini sudah mengganggu kenyamanan orang lain, apalagi saat itu sudah larut malam. 

Rabu, 9 Oktober 2013 
Pelanggaran etika dalam bermasyarakat. Saat saya akan mengambil uang di bank, seorang bapak menyerobot berdiri di barisan antrian yang paling depan dengan alasan tidak ada waktu banyak untuk mengantri. Sehingga membuat semua yang mengantri menggerutu karena ulah bapak itu. Hal itu telah mengganggu hak orang lain yang telah tertib mengantri mendapatkan pelayanan lebih dahulu menjadi tertunda untuk dilayani lebih dahulu, karena ulah bapak itu. Menurut saya, tindakan yang dilakukan bapak tersebut tidak patut ditiru. Berlakulah tertib dalam mengantri untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama. 

Kamis, 10 Oktober 2013 
Pelanggaran etika dalam berlalulintas. Saat saya berangkat ke kampus, saya melihat ada sebuah mobil melaju kencang padahal lampu lalu lintas sedang berwarna merah dan tidak mau mengalah hingga hampir menabrak sebuah motor mahasiswa yang akan menyebrang jalan. Hal itu juga menyebabkan kemacetan dan beberapa pengendara sepeda motor menggerutu karena perbuatan si pengemudi mobil. Menurut saya, tindakan yang dilakukan si pengemudi mobil tersebut tidak patut ditiru. Berlaku tertib dalam hal berlalu lintas untuk menjaga keamanan diri dan kenyamanan bersama sebagai pengguna jalan.
 

Tidak ada komentar: