Jumat, 29 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke-2

Nama : Nurlita
NPM : 25210182
Kelas : 1EB18

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE-2

1.) Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi !
Jawab :
1. Memiliki modal yang cukup
Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum mendirikan UKM, adalah kita harus mempunyai modal yang cukup untuk mendirikan UKM.
2. Memiliki tenaga kerja
Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan sebelum mendirikan UKM adalah memiliki tenaga kerja. Tenaga kerja diperlukan untuk proses berdirinya UKM karena tanpa adanya tenaga kerja tidak akan ada kegiatan yang berjalan.
3. Menentukan ide metode atau konsep kewirausahaan
Sebelum mendirikan UKM kita juga harus mempunyai ide metode atau konsep kewirausahaan yang akan menjadi acuan kita untuk mencapai tujuan bisnis UKM.
4. Melihat peluang pasar
Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan sebelum mendirikan UKM adalah peluang pasar. Dimana dengan adanya pemahaman kita tentang peluang pasar ada, kita akan lebih mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Dan dari situlah, kita juga bisa mempertimbangkan produk apa yang akan kita produksi dalam UKM yang kita miliki.


2.) Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/tempat !
Jawab :
1. Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam, contohnya:
• Perusahaan tambang aspal di Buton (Kep. Riau)
• Perusahaan tambang gas di Bontang (Kalimantan Timur)
• Perusahaan tambang emas di Cikotok (Jawa Barat)
• Perusahaan tambang batubara (Samarinda)
• Pertamina (Babelan)
2. Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah, contohnya:
• Perusahaan Udang (Cirebon)
• Usaha pendidikan (Yogyakarta)
• Pengrajin Batik (Solo)
• Pengrajin Batik (Pekalongan)
• Pengrajin Patung (Bali)
3. Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah, contohnya:
• Kawasan Industri JABABEKA Cikarang
• Kawasan Industri Pulogadung
• Perusahaan Besi Baja Krakatau Steel
• PT. Dirgantara (Bandung)
• PAL (Surabaya)
4. Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor ekonomi, contohnya:
• Perusahaan pengolahan kayu Inhutani (Juata)
• Perusahaan tambang emas Freeport (Papua)
• Perusahaan Listrik Negara Gajah Mungkur (Wonogiri)
• Perusahaan Semen Gresik (Gresik)
• Perusahaan Kertas Bekasi Teguh (Bekasi)
5. Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pergaulan hubungan/pergaulan internasional, contohnya:
• Perusahaan Nestle
• Perusahaan Toyota
• Perusahaan LG Electronics
• Perusahaan Nokia Corporation
• PT. Fastfood Indonesia, Tbk


3.) Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan !
Jawab :
Tujuan perusahaan terbagi menjadi 2, yaitu:
1. Tujuan ekonomis, yakni:
• Laba
• Pelanggan
• Pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal produk
• Kualitas, harga, kuantitas, waktu pelayanan kegunaan
• Inovatif berkesinambungan
• Competitive advantage & comparative advantage (berdaya saing tinggi & dalam jangka panjang)
2. Tujuan sosial, yakni:
• Keinginan investor
• Karyawan
• Penyedia faktor-faktor produksi
• Masyarakat


4.) Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !
Jawab :
- Lingkungan internal adalah lingkungan dari dalam suatu perusahaan. Komponen-komponen yang termasuk dalam lingkungan internal suatu perusahaan, yaitu :
• Penyedia
• Pelanggan
• Pesaing
• Tenaga kerja
• Modal
• Alat dan mesin
• Bahan baku
• Sistem informasi
- Lingkungan eksternal adalah lingkungan dari luar suatu perusahaan. Komponen-komponen yang termasuk dalam lingkungan eksternal suatu perusahaan, yaitu :
• Alam dan ekologi
• Politik
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan teknologi
• Sosial dan budaya
• Demografi
• Hubungan internasional


5.) Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya bagi perusahaan !
Jawab :
• Ekologi : pencemaran udara, pencemaran air dan sampah.
• Ekonomi : urbanisasi, pertambahan penduduk, pajak, dan lain sebagainya.
• Sosial : kriminalitas.
• Politik : pertahanan keamanan.
• Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan.


6.) Jelaskan perbedaan Producer Oriented Approach dan Consumer Oriented Approach !
Jawab:
a. Producer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada produsen.
b. Consumer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada konsumen.

Tidak ada komentar: