Senin, 18 Oktober 2010

Tugas PKTI 1a

MANFAAT KOMPUTER DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang sering digunakan oleh masyarakat di berbagai kalangan tertentu, untuk membantu meringankan pekerjaan manusia, khususnya dalam hal mengolah data untuk menghasilkan informasi secara cepat & efisien.
Saat ini, komputer sering digunakan di sekolah, di kantor ataupun di rumah. Hal ini membuktikan bahwa, komputer telah banyak memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Melalui artikel ini, Anda dapat melihat dengan jelas betapa banyak manfaat yang dapat diperoleh, apabila kita menggunakan komputer. Berikut manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan komputer, yaitu:


1. Bidang pendidikan
Penggunaan komputer dapat mempermudah pekerjaan dalam hal membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran di sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa, membuat daftar absensi siswa, membuat laporan administrasi sekolah, & membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru di sekolah. Selain itu, penggunaan komputer dengan layanan internet juga dapat membantu guru-guru, siswa, mahasiswa, maupun instansi-instansi pendidikan untuk mengakses informasi yang mereka perlukan dengan cepat & praktis.

2. Bidang pelayanan medis
Penggunaan komputer dalam hal pelayanan medis, dapat membantu tenaga medis dalam hal menyimpan data pasien & menganalisis kasus medis, pengolahan citra medis & sistem pembayaran. Sehingga memudahkan tenaga medis mengolah ataupun mengambil data pasien secara lebih cepat, praktis & efisien.

3. Bidang transportasi
Penggunaan komputer dalam bidang transportasi, sangat membantu dalam hal mengatur semua jadwal dan jalur pemberangkatan alat transportasi, khususnya pesawat & kereta api. Selain itu, pesawat yang diperlengkapi dengan komputer dapat digunakan untuk menerbangkan sendiri pesawat. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat dapat diterbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer. Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan komputer, navigasi kapal laut dapat ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga, penjualan tiket di bandara, stasiun, pelabuhan, & terminal bus dilayani dengan cepat menggunakan komputer.

4. Bidang jasa pengiriman barang
Penggunaan komputer di kantor pos dapat membantu mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat. Dengan adanya komputer dan layanan internet, orang tidak perlu lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup melalui email saja. Karena pengiriman surat elektonik (email) sangat cepat & praktis, tidak perlu lagi menunggu berhari-hari, meskipun jaraknya jauh.

5. Bidang industri otomotif
Umumnya, penggunaan komputer dengan lengan elektromekanis dalam bidang industri otomotif berfungsi untuk melaksanakan tugas tertentu dalam jalur perakitan otomatis. Karena komputer memiliki kemampuan & ketelitian yang tinggi, serta dapat digunakan secara otomatis.

6. Bidang jasa konstruksi
Dengan menggunakan komputer, insinyur dan arsitek dapat mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat.

7. Bidang jasa percetakan
Penggunaan mesin yang dioperasikan oleh komputer, dapat mencetak koran, majalah & buku-buku dalam jumlah yang banyak, serta menghemat waktu dan biaya.
Bayangkan, seandainya bidang pekerjaan ini dikerjakan secara manual, berapa banyak orang yang harus mengetik & berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat mencetak berita yang akan diterbitkan. Mungkin, berita yang disajikan sudah tidak up to date lagi.

8. Bidang industri perfilman
Semua efek-efek di dunia akting, animasi, dan penyuntingan adegan film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga dikembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.

9. Bidang industri rekaman
Dalam bidang industri rekaman, penggunaan komputer juga sangat mambantu. Untuk dapat menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam & modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunya pun dibantu dengan sistem komputer. Untuk mencetak album ke dalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pemburningan atau pembakaran CD sehingga dapat merekam suara dengan kualitas yang sangat tinggi.

10. Bidang pertahanan & keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan di permukaan bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak, Amerika menggunakan jaringan inteligen yang dilengkapi dengan teknologi komputer & informasi modern sehingga dapat mengalahkan lawan-lawannya.

11. Bidang olahraga
Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelit yang dihubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu dapat disaksikan oleh semua orang.

12. Bidang administrasi negara
Dalam bidang administrasi negara, penggunaan komputer juga sangat penting. Termasuk dalam hal ini adalah administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan dan lain sebagainya.

13. Bidang perkantoran
Penggunaan komputer dalam bidang perkantoran, biasanya digunakan untuk menyimpan arsip-arsip elektronik perusahaan, membuat surat elektronik(email), mengatur jadwal rapat, mengatur sistem informasi manajemen, dan lain sebagainya. Penggunaan komputer dalam bidang perkantoran ini, sangat berperan penting untuk menjalankan program kerja perusahaan.

14. Bidang akuntansi
Dalam bidang akuntansi, penggunaan komputer sangat penting. Karena biasanya, orang menggunakan komputer untuk menyimpan berbagai laporan keuangan perusahaan yang sangat penting. Dengan adanya komputer, pegawai maupun instansi yang berkaitan dengan bidang akuntansi dapat dengan cepat, tepat, praktis, & efisien dalam membuat laporan keuangan perusahaan.

Beberapa contoh di atas merupakan sebagian kecil contoh pemanfaatan komputer berbagai bidang pekerjaan. Masih banyak manfaat komputer yang belum disebutkan. Fakta inilah yang menunjukkan bahwa komputer mulai diterima masyarakat.

Tidak ada komentar: