Senin, 09 Mei 2011

Tulisan Perekonomian Indonesia Ke-1

APA ITU EKONOMI ?

          Secara sederhana, ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari cara menggunakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa begitu banyak keinginan manusia yang terus berkembang dan bertambah seiring dengan perkembangan zaman. Orang yang tadinya berjalan kaki ingin naik kendaraan umum, orang yang tadinya naik kendaraan umum ingin mempunyai sepeda, orang yang tadinya memiliki sepeda ingin mempunyai motor, orang yang tadinya mempunyai motor ingin mempunyai mobil, orang yang tadinya memiliki mobil ingin mempunyai helikopter dan seterusnya. Manusia selalu mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas.

          Hal inilah yang mendorong para pembisnis untuk membuat produk berupa barang maupun jasa untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Tetapi, yang menjadi pertanyaan adalah sampai berapa banyak produk tersebut dibuat ? Tentunya seorang produsen harus menghitung dan menentukan seberapa banyak jumlah produk yang harus dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Mengapa demikian ? Salah satu alasannya adalah untuk memastikan bahwa produk yang dibuat tersebut akan laku terjual. Selain itu, untuk memastikan bahwa lebih baik menggunakan sumber daya yang kita miliki untuk keperluan yang lain daripada membuat produk yang kurang diminati konsumen.

          Selain untuk mempelajari cara menggunakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dari ilmu ekonomi kita juga dapat mempelajari bagaimana melakukan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya yang ada sesuai dengan kebutuhan kita. Supaya tidak terjadi pemborosan penggunaan sumber daya yang kian meningkat. Untuk itulah, ilmu ekonomi diperkenalkan kepada masyarakat.


Tidak ada komentar: